Under Home Goods, Added at 2018-07-24 11:21:55

Halo, Stilovers! Kali ini Stiletto akan membahas tentang desain kamar tidur anak nih!

Tahukah Stillovers, kalau desain kamar anak itu bisa berpengaruh ke tumbuh kembangnya?

Ahli parenting mengatakan, bahwa anak sebaiknya mulai tidur terpisah dari orang tuanya saat mereka menginjak usia dua tahun dan paling lambat usia lima tahun. Dalam rentang waktu tersebut, anak sedang aktif bermain dan belajar. Karena bermain dan belajar bagian dari perkembangan kognitifnya, anak yang cerdas biasanya aktif bermain sekaligus belajar. Tak hanya sebagai tempat beristirahat, kamar tidur juga bisa digunakan sebagai tempat bermain dan menyalurkan hobinya. Maka dari itu membuat desain kamar tidur anak sangatlah penting. 

Bekerja sama dengan anak ketika mendesain kamar tidur anak agar tahu apa yang diinginkan sangatlah diperlukan. Dengan melibatkannya, mereka akan merasakan hubungan yang kuat terhadap desain kamar tidur anak itu sendiri. Memperhatikan hobi dan beberapa hal lain yang menjadi kesukaannya juga sangat penting ketika mendesain kamar tidur anak. Desain kamar tidur anak harus sesuai dengan karakternya. Jika anak suka membaca, maka kamar tidurnya ada rak untuk menaruh koleksi buku dan kursi yang nyaman untuk membaca.

 

Stilleto ada 6 tip nih, yang bisa menjadi inspirasi desain kamar tidur anak yang unik.

 

1. Tema

Diskusikan dengan anak tentang tema kamar tidur yang akan digunakan. Tema yang disukai akan membuat anak betah di kamarnya.

 

2. Gunakan tempat tidur yang sesuai

Untuk urusan tempat tidur, hindari menggunakan tempat tidur berukuran terlalu besar dan terlalu tinggi untuk kamar anak.

Tempat tidur yang terlalu besar akan membuat lantai tempatnya bermain menjadi lebih sempit, sedangkan tempat tidur yang terlalu tinggi dapat mencelakakan buah hati apabila terjatuh.

Sebagai solusi, Stilovers dapat memilih tempat tidur jenis twin size dengan ketinggian rendah sampai sedang untuk ditempatkan di kamar tidur anak.

 

3. Warna

Pilih warna yang sesuai dengan tema. Hindari pemilihan warna yang cenderung gelap agar tidak terkesan seram. Aplikasikan warna cerah dengan warna lain agar lebih ceria.

 

4. Dekorasi

Jangan menyia-nyiakan boneka, miniatur, atau karikatur kesukaan anak dengan menyimpannya di kotak mainan. Stilovers bisa memanfaatkan barang-barang tersebut untuk dekorasi ruangan yang ternyata dapat mempercantik tampilan kamar tidur anak lo.

Selain itu, letakkan juga mainan edukatif di kamar tidur anak. Sebut saja buku, rubik, atau puzzle. Apabila anak sudah mampu membaca, buku akan memperluas wawasannya, sementara rubik dan puzzle dapat mengasah ketajaman berpikir mereka.

 

5. Pilih furnitur yang awet dan tahan lama

Furnitur kecil nan lucu memang sangat menarik untuk dibeli karena bisa membuat kamar tidur anak lebih semarak, namun seiring berjalannya waktu, anak-anak akan beranjak dewasa, dan kadar kesukaan mereka pada barang-barang lucu tersebut juga akan semakin menurun. Nantinya, apakah mereka akan tetap menyukai hal-hal lucu tersebut? Terlebih untuk anak laki-laki. Bisa saja setahun kemudian anak tidak akan menyukai barang-barang yang tadinya ia anggap lucu, sehingga terpaksa harus membeli furnitur baru.

Nah, untuk menghindari hal ini, sebaiknya Stilovers menggunakan furnitur yang simpel, minimalis, dan tidak terlalu fancy untuk area kamar tidur anak.

 

6. Pencahayaan

Berikan cahaya yang baik untuk kamar tidur anak. Sediakan lampu malam ketika anak tidur.

 

Tidak hanya tips saja yang akan diberikan Stilleto ke Stilovers.  Stiletto juga sudah merangkum 4 desain kamar tidur anak yang bisa menjadi inspirasi untuk Stilovers semua. Cekidot!

 

Beberapa inspirasi desain kamar tidur anak yang bisa diadopsi

 

1. Desain Kamar Tidur Anak Suka Membaca

 

Desain kamar tidur suka membaca

Sumber foto: www.instagram.com/amomooui

Berapa pun usia anak, keselamatan anak adalah hal yang utama. Karenanya pilih desain kamar tidur anak dengan furnitur, material, dan bahan finishing yang tidak membahayakan.

Perhatikan peletakan furnitur seperti rak buku yang pas dengan jangkauanya. Desain kamar tidur yang menyisipkan rak buku ini secara tidak langsung juga akan merangsang sang anak untuk rajin membaca.

Stilovers juga bisa menambahkan beberapa permainan bertema sains pada desain kamar tidur anak. Perhatikan peletakan furnitur yang tinggi seperti lemari maupun rak agar tidak membahayakan anak. Pilih furnitur yang pada bagian sudutnya tidak tajam.

 

2. Desain Kamar Tidur Anak Suka Olahraga

 

Desain kamar tidur anak suka olahraga

Sumber foto: Pinterest

Setiap anak memiliki ketertarikan di bidang tertentu. Stilovers bisa memilih desain kamar tidur anak dengan berfokus pada satu elemen, seperti olahraga.

Pada desain kamar tidur anak yang suka olahraga, Stilovers bisa memasang ring basket misalnya.

 

 

3. Desain Kamar Tidur Anak dengan Tempat Bermain

 

Desain kamar tidur anak dengan tempat bermain

Sumber foto: Pinterest

Anak-anak biasanya lebih nyaman jika kamar tidur mereka menjadi tempat bermain dan belajar.

Desain kamar tidur seperti ini memang lebih memerlukan kamar yang luas. Banyak orang-tua zaman sekarang memilih desain seperti ini dikarenakan agar anak bisa langsung beristirahat dengan nyaman setelah lelah bermain. 

 

4. Desain Kamar Tidur Anak Minimalis

 

Desain kamar tidur anak minimalis

Sumber foto: Pinterest

Memilih desain kamar tidur anak memang tidak semudah menata interior ruangan rumah lainnya. Jika ruangan lain biasanya lebih menitik beratkan pada furnitur dan gaya ruang, untuk desain kamar tidur anak fokusnya adalah menyisakan tempat yang luas.

Untuk desain kamar tidur anak tidak perlu terlalu spesifik terhadap warna dan tema karena selera mereka cepat berubah seiring perkembangan usia. Berikan warna-warna netral pada desain kamar tidur anak untuk menghindari kebosanan.

 

 

Apakah Stillovers masih bingung mau nyari produk untuk mendesain kamar anak nantinya? 

Stilokiddo punya solusinya nih. Stilokiddo adalah anak perusahaan Stileeto Book Group yang menjual baby and kids stuff. Dari pada bingung kan ya, nyari di Instagram atau media yang lain yang banyaknya segambreng.

Produk Stilokiddo apa saja sih yang bisa untuk mendesain kamar anak? Check this out, Dear.

Rak hot wheels

 Rak Hot Weels - Stilokiddo on Instagram

 

Wall decal untuk kamar tidur anak

Wall Decal - Stilokiddo on Instagram

 

Hanging wall decor untuk kamar tidur anak

Hanging Walldecor - Stilokiddo on Instagram

 

Poster untuk kamar tidur anak

Poster - Stilokiddo on Instagram

 

Bunting flag untuk kamar tidur anak

 

Bunting Flag - Stilokiddo on Instagram

 

Teepee tent untuk kamar tidur anak

Teepee Tent - Stilokiddo on Instagram

 

Kebayang kan, mau mendesain kamar anak nanti seperti apa, Stilovers?

Yeay!

Jangan lupa yah ajak si kecil juga untuk memilih barang dan desain yang seperti apa untuk kamarnya nanti.

Happy decorating!

 

Faiqotul Himma

IG @paypeypoy


Share this: