Under Publishing House, Added at 2018-08-14 10:19:29

Di mana tempat favorit seorang kutu buku? Kalau enggak di kamar, book nooks, pasti di toko buku deh! Bener nggak, Stilovers?

Kalau di Indonesia sih, biasanya toko buku bisa kita kunjungi di mal-mal ya? Atau setidaknya toko buku akan berupa sebuah bangunan biasa saja di tengah kota, di tempat strategis dan penuh keramaian.

Atau, kalau di Jogja sini sih ada tuh toko buku bekas yang agak tersembunyi tempatnya di belakang Malioboro, yang menjual buku-buku collectibles.

Dan, seperti yang kamu bayangkan, toko buku itu—mau seperti apa pun bentuknya dan suasananya—pasti akan selalu bikin betah, apalagi kalau toko bukunya bagus, dalam artian unik, penataannya lucu, bikin nyaman. Instagrammable!

 

Kalau begitu, kamu mesti berkunjung ke toko-toko buku terindah di dunia ini!

 

1. Livraria Lello & Irmao, Porto, Portugal

Toko buku paling indah di dunia

Toko buku ini adalah salah satu toko buku tertua di Portugal, da juga merupakan salah satu toko buku terindah di dunia.

Toko buku ini menjadi toko buku favorit JK Rowlings saat ia harus mengajar mata kuliah bahasa Inggris di Portugal, Stilovers.

 

2. Shakespeare & Co., Paris, Prancis

Toko buku paling indah di dunia

Nggak usah diragukan lagi, toko buku yang terletak di jantung kota Paris, Prancis, ini adalah toko buku paling bersejarah, Stilovers. Selain menjual buku-buku literatur berbahasa Inggris terbaik, konon toko buku ini juga menjadi tempat hangout-nya Ernest Hemingway dan Gertrude Stein di masanya.

 

3. Libreria Acqua Alta, Venesia, Italia

Toko buku paling indah di dunia

Toko buku yang menjual buku baru dan juga bekas ini mungkin adalah satu-satunya toko buku apung, di atas gondola di Venesia, Italia. Kebayang nggak sih, Stilovers, berada di sini di tengah-tengah buku di atas gondola? Bisa-bisa lupa pulang deh kita ya. Huhuhu.

Dan tunggu saat kamu mau keluar dari toko buku apung ini deh, kamu akan diantar ke semacam pemberhentian untuk naik ke pinggir sungai dengan anak tangga dari buku! Akkk!

 

4. Hatchard’s, London, UK

Toko buku paling indah di dunia

Hatchard’s merupakan toko buku tertua di seantero London, dan sudah buka sejak 1797 lo, Stilovers! Lebih istimewa lagi, Hatchard merupakan toko buku yang punya spesialisasi buku-buku bertanda tangan asli penulis masing-masing buku yang dijual di sana. Wahhh!

 

5. Cărturești Carusel, Bukares, Rumania

Toko buku paling indah di dunia

Bangunan aslinya dibangun tahun 1860-an, dan awalnya dipergunakan untuk kantor utama Chrissoveloni Bank. Namun kemudian dialihfungsikan menjadi sebuah toko buku terbesar di Rumania, dengan luas lebih dari 1000 kaki persegi, yang terdiri atas toko bukunya sendiri, bistro, juga galeri. Luar biasa ya, Stilovers?

 

6. Cafebreria El Pendulo, Mexico City, Meksiko

Toko buku paling indah di dunia

Well, bangunannya memang menarik, terdiri atas toko buku 2 lantai dan juga ada kafenya. Tapi yang paling istimewa di toko buku yang terletak di pusat kota Mexico City ini adalah masuknya unsur tumbuh-tumbuhan hijau dalam ruangannya, hingga membuatnya menjadi toko buku dengan natural mood yang luar biasa. 

Di antara rak bukunya, kamu akan bisa melihat sulur-sulur pohon dan dedaunan ikut mengintip-intip buku yang ingin kamu pilih, sehingga rasanya tuh seperti kamu sedang berada di surga buku di tengah kebun gitu, Stilovers.

Asyik banget kan?

 

7. El Ateneo, Buenos Aires, Argentina

Toko buku paling indah di dunia

Kalau toko buku di downtown kota Buenos Aires ini dulunya adalah teater; tempat pertunjukan opera, drama, dan tari, sekaligus stasiun radio, Stilovers. Hmmm, pantesan ya, arsitektur dan interiornya khas teater banget. Setelah dipugar oleh arsitek Fernando Manzone tahun 2000, kini bangunan ini dipergunakan sebagai toko buku terbesar di Argentina.

 

8. Zhongshuge Bookstore, Hangzhou, Tiongkok

Toko buku paling indah di dunia

Kalau kamu punya penyakit vertigo, sebaiknya jangan pernah mengunjungi toko buku ini, Stilovers, lantaran interiornya memang didesain untuk memberi ilusi optik seperti tabung gitu. Bakalan pusing deh kalau masuk kesini. Seakan kita tuh masuk lorong tanpa ujung berbentuk tabung yang dipenuhi dengan buku, buku dan buku.

Meski bikin pusing, tapi kita harus mengakui kalau toko buku ini memang indah, bukan?

 

9. The Last Bookstore, Los Angeles, Amerika Serikat

Toko buku paling indah di dunia

Toko buku ini merupakan toko buku terbesar di negara bagian California, yang menjual koleksi buku bekas dan buku baru terbanyak, bahkan buku-buku yang masih dibuat dengan vinyl juga ada.

Kalau kamu berkesempatan datang ke sini, jangan lupa untuk naik ke lantai 2-nya ya, karena ada labirin buku di sana yang akan membuatmu tersesat dan lupa waktu.

 

10. Barter Books, Alnwick, UK

Toko buku paling indah di dunia

Kalau dilihat sekilas, toko buku ini tampak biasa saja. Tapi begitu masuk, kamu akan merasakan suasana homey yang sangat terasa, ditambah lagi dengan perapian yang selalu menyala di sepanjang musim dingin.

Toko buku ini berlokasi di sebuah stasiun tua bergaya Victorian, yang semakin menambah nuansa klasik dan magisnya.

 

11. Book and Bed, Tokyo

Toko buku paling indah di dunia

Nah, ini khusus buat kamu yang suka baca buku sembari leyeh-leyeh atau tiduran, yang kemudian berakhir tidur beneran nih, Stilovers. Tapi, sebenarnya ini bukan toko buku sih, namun mereka memang menyediakan buku-bukunya untuk dibaca di tempat, bahkan boleh sampai kamu tertidur. Mereka menyebutnya sebagai “night in the bookstore”.

 

So, Stilovers, mau ke toko buku yang mana dulu nih kita?

 

Salam,
Carolina Ratri
IG @carra.artworks
Blog: www.carolinaratri.com

Share this: