Under Publishing House, Added at 2017-03-07 15:02:32

 height=

 

Hello Stilovers, kali ini Stiletto akan membahas tema tentang menata koleksi buku.

Seorang bookworm sejati pasti tahu kalau buku memiliki lebih dari satu kegunaan. Yup, kita bisa membacanya—tapi kita juga bisa memandanginya untuk alasan tertentu, menampilkannya di media sosial, dan menata-nya.

Ada banyak sekali cara untuk menata koleksi bukumu. Cara favorit bookstagrammers adalah dengan rak pelangi, tapi para pustakawan akan lebih suka cara yang lebih terstruktur dan logis. Kamu, masuk ke tim mana nih? J

Menyimpan buku dalam tumpukan di kamar tidur (akui saja, semua orang pernah melakukannya) mungkin tidak akan menggodamu untuk benar-benar membaca mereka sampai habis. Jadi, agar koleksi bukumu terlihat lebih seksi—yang membuatmu selalu ingin segera mengambil buku—kamu perlu strategi. Wuih, terdengar serius ya? Tak apa, ini semua demi koleksi buku kita terlihat indah dan membuat kita mudah mencarinya ketika membutuhkan.

Ya, kita perlu rak buku, lebih bagus lagi kalau rak buku kita terlihat Instagrammable (tentu saja). Jika kamu punya genre favorit, kamu bisa membuat area khusus untuk genre itu di rak. Atau kalau kamu senang membaca kilat saat istirahat makan siang, kalian bisa buat area khusus untuk buku-buku pendek.

Nah, Stiletto sudah merangkum beberapa cara menata rak bukumu agar terlihat rapi dan indah. Di bawah ini hanya 12 cara paling inspiratif dan menyenangkan secara estetis menata koleksi buku tercintamu.

 

1. Dengan warna

 

 height=

Image via @booksenchanted on Instagram

Rak pelangi sudah lama populer di kalangan bookstagrammers, dan jelas sekali kan kenapa. Menata buku berdasarkan warna tentu memiliki efek luar biasa memuaskan saat dilihat. Siapa sih yang nggak suka buku tertata rapi sesuai dengan warna?

 

2. Dengan tinggi

 height=

Image via @the.blonde.bookworm on Instagram

Ada sesuatu yang sangat memuaskan saat melihat semua bukumu tertata dengan tinggi yang sama. Rapi sekali!

 

3. Dengan panjang

 

 height=

Image via @melbournelibraryservice on Instagram

Kadang kita sedang dalam mood untuk membaca buku yang pendek dan cepat selesai. Kadang kita sedang dalam mood untuk membaca buku tebal. Menata koleksi bukumu sesuai dengan panjang-pendek buku akan memudahkanmu mengambil buku yang tepat saat kamu ingin membaca sesuatu yang cepat atau yang tebal.

 

4. Dengan genre

 

 height=

Image via @theloonytuney on Instagram

Suka thriller? Romance? Sci-fi? Chiclit atau fantasi? Kalau kamu menata buku sesuai dengan genre, kamu bisa dengan mudah mengetahui apa yang akan kamu ambil.

 

5. Urutan alfabet

Kalau kamu ingin tahu di mana letak buku yang ingin kamu baca di rak, tata saja bukumu dengan nama penulis yang diurutkan sesuai alfabet. Jadi, ketika ingin membaca buku tertentu, kamu sudah bisa langsung mengetahuinya apa yang perlu diingat.  Yep, nama penulisnya! Namun, kalau kamu tipe pembaca yang tidak pernah memperhatikan siapa penulis bukunya, lupakan cara ini.

 

6. Urutan Bintang Rating

Pinggirkan rak bintang limamu dari buku-buku yang lain. Dengan begitu, kalau ada yang meminta rekomendasi darimu, kamu bisa dengan mudah menunjukkan apa buku yang tepat. Penataan seperti ini juga memudahkanmu mengambil buku favorit sepanjang masamu.

 

7. Dengan mood

Tata buku di rak sesuai dengan mood-nya, seperti buku-buku sedih, buku-buku senang, buku-buku menyeramkan … dan mood lain yang menurutmu perlu mendapatkan tempatnya sendiri di rak bukumu.

 

8. Dengan cuaca

Saat hujan turun dengan lebat mengetuk-ngetuk jendelamu, kamu tentu ingin membaca buku yang sangat berbeda dengan saat kamu sedang bersantai di pantai. Tata bukumu sesuai dengan cuaca yang ada di dalam setting bukunya—atau mungkin cuaca di mana buku itu cocok untuk dibaca.

 

9. Dengan setting

 

 height=

Image via @booksenchanted on Instagram

Buat rak bukumu mendunia dengan menata buku-bukunya berdasarkan setting. Kalau kalian mencari buku selanjutnya untuk dibaca, kamu bisa memilih ke mana kamu ingin pergi. Eropa, Asia, Australia, Amerika, Afrika—bahkan ke dunia fantasi!

 

10. Kronologis

Nah, kalau ini spesial untukmu kalau punya koleksi buku-buku klasik, kamu harus menatanya sesuai dengan tanggal buku itu ditulis—atau kalau kamu sangat suka fiksi sejarah, kamu bisa menatanya sesuai dengan setting tahun buku itu. Bagaimanapun caranya, bukumu bisa menjadi mesin waktu sastra lho!

 

11. Urutan kamu membacanya

Urutkan perjalanan membacamu dengan menata koleksimu sesuai dengan urutan kamu membaca buku tersebut. Dengan begitu, kalau ada yang bertanya apa yang sudah selesai kau baca, kamu bisa dengan mudah menyebutkannya. Atau mungkin, dalam waktu-waktu tertentu, kamu pengin membaca ulang buku-buku yang tahun kemarin baru kamu selesaikan, kamu bisa dengan mudah menemukannya.

 

12. Balik saja semuanya dan baca secara acak!

Ini adalah cara yang benar-benar unik. Ada pengguna Instagram (readsleepfangirl) yang sangat terlena dengan apa saja yang ada dalam daftar TBR (to be read)-nya, jadi dia membalikkan semua bukunya agar membaca menjadi suatu permainan. Saat dia ingin membaca buku baru, dia memilih secara acak dari rak putih artsy­-nya. Sulit tentu kalau ada teman yang ingin meminjam buku dengan judul spesifik—tapi cara ini adalah cara yang menarik untuk memilih bacaan selanjutnya! Biar surprise gitu.

 

Yup, itu dia Stilovers, 12 cara menata rak buku yang sudah Stiletto rangkum spesial untukmu. So, mendingan sekarang lihat-lihat rak bukumu, mungkin satu-dua ide dari Stiletto ini bisa mulai kamu terapkan agar kamu bisa mendapatkan the perfect shelfie. Kalau sudah rapi, jangan lupa unggah fotomu di instagram dan tag ke @stiletto_book ya! :)


Share this: